• 08562616116

18 Oct

Tulisan ini berawal dari banyaknya mahasiswa pada tingkat akhir (semester 5 – 8) yang masih bingung mau dari mana mulai penelitian untuk membuat Tugas Akhir/Skripsi. Ini sangat mengherankan, apakah kurikulumnya yang “Ngga beres” atau mahasiswanya. Yang seharusnya pada semester itulah mahasiswa sudah matang untuk memulai penelitiannya.

Mayoritas, mereka pada fokus untuk skill koding atau desain, tapi belum “Ngeh” pentingnya mengerti penelitian walaupun sudah mendapatkan matakuliahnya, baik matakuliah Teknik Riset Operasional maupun Metodologi Penelitian. Padahal dalam research di bidang computing, “(state-of-the-art) method improvement” adalah tujuan utama penelitian (Wahono, 2014). Dan dari sinilah mahasiswa bisa mengklaim kontribusi (contribution to knowledge) dari penelitian yang kita lakukan.

Wahono (2014) juga mengatakan bahwa menulis code program, membangun software sistem, melakukan simulasi, dan termasuk didalamnya studi kasus, obyek/domain, dataset, dsb yg kita gunakan, hanyalah sebagai testbed untuk mengukur bahwa “method improvement” yg kita lakukan terbukti lebih baik dibandingkan dengan state-of-the-art methods (metode-metode mutakhir yang ada).

Untuk itu, saya mencoba untuk merangkumkan tahapan yang ditulis oleh Romi Satria Wahono sebagai berikut:
1. Penentuan Bidang Penelitian (Research Field)
2. Penentuan Topik Penelitian (Research Topic)
3. Penentuan Masalah Penelitian (Research Problem)
4. Perangkuman Metode-Metode Yang Ada (State-of-the-Art Methods)
5. Penentuan Metode Yang Diusulkan (Proposed Method)
6. Evaluasi Metode Yang Diusulkan (Evaluation)
7. Penulisan Ilmiah dan Publikasi Hasil Penelitian (Publications)

Artikel lengkapnya silahakan bisa langsung kesini: Bagaimana Melakukan Penelitian Yang Baik?. Mudah-mudahan semakin mudah perjalanan untuk melakukan penelitian yang berkualitas.

Tetap dalam perdjoeangan!

2 Comments

Leave a Comment